Rabu, 30 November 2016

TIPS MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER





Ujian Akhir Semester merupakan suatu hal yang harus dihadapi untuk mengetes kemampuan kita dan mengetes seberapa rajin kah kita selama belajar satu semester itu. Bagi sebagian orang itu adalah hal yang biasa, akan tetapi ada sebagian orang kurang percaya diri dalam menghadapi Ujian Akhir Semester, Hal itu karena kurangnya persiapan sebelum menghadapi UAS. Tapi semua itu tergantung pada diri kalian siap tidak siap, mau tidak mau UAS harus tetap dilaksanakan…Oke langsung saja kita lihat Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester dibawah ini.

Berikut ada beberapa Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester :
1.      Siapkan Mental
Mental seorang pelajar akan mampu merubah segalanya. Bila pelajar memiliki mental baja, maka segala soal ujian yang akan dihadapinya akan terasa ringan, dan sebaliknya jika pelajar memiliki mental yang jelek maka suasana UAS akan terasa seperti neraka dunia. Untuk memiliki mental yang kuat, seorang pelajar harus mampu untuk tidak terpaku pada nilai yang akan diperoleh dan bersikap santai saja.
2.      Jaga Kesehatan
Jika mental kita sedang menurun, maka otomatis kesehatan kita akan menurun juga. Karena pada umumnya, kesehatan yang buruk diakibatkan oleh pikiran yang terganggu. Dan pikiran yang terganggu disebabkan juga oleh mental yang menurun. Maka dari itu perbanyaklah olahraga ringan seperti jogging dan lain sebagainya.
3.      Do'a Ibu
Hal ini sangat penting karena do'a dari seorang ibu sangat mujarab untuk memperlancar kegiatan UAS yang akan dilaksanakan, maka dari itu mintalah do'a restu dari ibu supaya dimudahkannya dalam menghadapi UAS.
4.      Istiqomah Dalam Belajar
Jangan gunakan ibadah sebagai alat untuk mempermudah suatu keadaan. Kebanyakan orang menganggap sekarang ini yang imannya masih kurang, rajin beribadah ketika halnya menghadapi sesuatu, contoh kita lihat selama bulan ramadhan masjid selalu penuh akan tetapi bulan bulan lainnya apakah begitu??. Namun setelah itu mereka lalai akan kewajiban tersebut dan itu adalah salah satu contoh kekufuran terhadap nikmat yang Allah berikan.
5.      Hindari SKS ( Sistem Kebut Semalam )
Hal ini sering sekali dilakukan oleh sebagian para pelajar (terutama saya :D), akan tetapi menurut para psikolog memory otak kita tidak mampu menghafal hanya dengan satu malam, Jika kita sering membaca buku seminggu sebelumnya insyaaloh UAS akan terasa ringan. Maka dari itu hindarilah sistem SKS.
6.      Jujur
Jawablah sesuai dengan apa yang hati kecil kalian katakan, jangan mau terjerumus oleh jawaban orang lain karena belum tentu jawabannya benar, percaya dirilah pada dirimu sendiri, jangan budayakan mencontek. Karena kejujuran adalah penyambung rezeki dari Allah SWT.
7.      Membaca Do'a Sebelum UAS dilaksanakan
Ini yang sering dilupakan oleh sebagian pelajar, maka dari sekarang kita budayakan berdo'a kepada sang Pencipta supaya dimudahkan dalam mengerjakan soal soal UAS.
Demikian artikel tentang Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester, semoga bermanfaat dan sukses untuk UAS nya. :)

Sumber : http://cangkallax-corporation.blogspot.co.id/2013/12/tips-menghadapi-ujian-akhir-semester.html

0 komentar:

Posting Komentar